Minggu, 28 Februari 2010

Ini Dia Kapal Terbesar di Dunia!


Inilah kapal pesiar terbesar di dunia yang akhirnya kelar dikerjakan, dan Jumat (Sabtu, 31/10 WIB) te­ngah meluncur ke pelabuhan markasnya di Florida.

Kapal bernama Oasis of the Seas ini akan menemui penonton pertamanya, Sabtu (Minggu 1/11 WIB), ketika keluar dari Laut Baltik dan harus menyelinap di bawah Great Belt Bridge, yang hanya satu kaki lebih tinggi dari kapal tersebut–meski setelah cerobong asap teleskopik telah direndahkan.

Begitu pulang, extravaganza mengapung bernilai US$ 1,5 miliar itu akan lebih menghadapi tantangan, yakni perekonomian Amerika Serikat (AS) yang merosot, meningkatkan pertanyaan ­selera konsumen atas pesiar mewah, dan dikritik sebagai pelayaran raksasa yang merusak lingkungan dan menghilangkan pengalaman berlayar.
Oasis of the Seas–yang nyaris 40 persen lebih besar ketimbang kapal industri terbesar–dikerjakan bertahun-tahun sebelum pelambatan ekonomi menyebabkan perusahaan kapal pesiar putus asa banting harga untuk mengisi kapalnya.

“Jelas kami tidak ingin atau mengantisipasi kapal ini lahir di masa pelambatan ekonomi paling signifikan sejak Depresi Besar. Meski de­ngan situasi seperti ini, kami bergairah terhadapnya,” kata Presiden dan CEO Royal Caribbean International, Adam Goldstein kepada Associated Press dalam wawancara awal bulan ini.

Oasis of the Seas memiliki 2.700 kabin serta dapat menampung 6.300 penumpang dan 2.100 awak. Kapal superbesar ini memiliki ber­bagai “lingkungan”—taman, lapangan, dan arena dengan tema-tema khusus. Salah satu­nya memiliki lingkungan tropis, termasuk pohon palem dan tumbuhan merambat yang merupakan sebagian dari sejumlah 12.000 tanaman di atas kapal. Tanaman itu akan ditanam setelah kapal tiba di Fort Lauderdale.

Di bagian buritan terdapat teater terbuka dengan 750 tempat duduk–bergaya amphithea­ter Yunani kuno—berfungsi ganda sebagai kolam renang di siang hari dan teater menghadap samudra di malam hari. Kolam renangnya memiliki menara dengan dua papan ayun untuk menyelam dari ke­tinggian 33 kaki. Masih ada teater tertutup berkapasitas 1.300 tamu.

Akomodasi mencakup kabin bertingkat dengan jendela dari lantai ke atap dan ada suite mewah 1.600 kaki persegi dengan balkon berpemandang­an laut atau ke geladak kapal untuk jalan-jalan.

Salah satu “lingkungan” dinamakan Central Park, lapangan yang memiliki butik, resto, dan bar yang dapat ber­gerak naik turun tiga dek, memungkinkan penumpang naik-turun ke lantai berbeda.

Kapal ini punya empat kolam renang, lapangan voli, lapangan basket, dan zona kaum muda dengan taman bertema dan tempat anak-anak.
Harga tiket Oasis lebih tinggi, berkisar US$ 1.299-4.829, dibanding US$ 509-1.299 kapal pesiar terkenal Freedom of the Seas. (sinarharapan/pit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar